Senin, 18 Juli 2016

Pengalaman masuk SMK favorit !

Pengalaman masuk sekolah SMK favorit

 

Assalamu'alaikum wr wb
 

  

    Ini adalah kedua kalinya saya menulis artikel. 
Hai, Nama saya sonni. Saya tinggal di desa kecil daerah karawang yang jauh dari hiburan karena disana kebanyakan adalah  pesawahan bahkan mini market pun jarang . Hehe :v . 

  Walau begitu saya duduk di sekolah favorit di kota saya dan tentunya banyak perjuangan yang harus saya lakukan untuk bisa masuk sekolah tersebut.

Nah, Saya akan berbagi pengalaman saya waktu masuk smk dulu
smk yang saya pilih adalah SMKN 1 karawang. 



Sekolah terfavorit  di daerah saya karena lulusannya yang berkualitas dan siap untuk bekerja, disini tidak ada yang namanya tawuran jadi siswa yang masuk disini adalah siswa yang bersungguh-sungguh belajar.
 


Sebelumnya saya sudah menemukan sekolah yang cocok sejak kelas 8 dan berencana untuk masuk ke smk karena saya mau fokus untuk bekerja, 
 nah saya kasih tips nih buat kalian yang bingung mau lanjut sekolah ke SMA atau SMK,  
Apabila anda lebih ingin kuliah, maka pilihlah SMA. Apabila anda ingin langsung kerja, maka pilihlah SMK. Jika anda ingin kerja tetapi malah melanjutkan SMA, itu adalah pilihan yang sangat salah.



  Anda harus sering mencari informasi sekolah yang anda tuju.  Pada waktu pendaftaran saya memilih jalur akademis, dan saat itu saya merasa tegang karena takut tidak diterima karena banyak juga yang ingin masuk ke sekolahan tersebut.
lalu saya siap-siapin tuh berkas-berkas yang diperlukan 

mulai dari :

  • Surat keterangan sehat dari dokter, 
  • Tidak buta warna, 
  • Surat berkelakuan baik,
  • SKHUN, 
  • Ijazah
  •  dll
 
Lalu saya disuruh pergi ke smk tersebut diantar oleh ayah saya pake motor, pas nyampe sekolahan saya liat tuh sekolahan gede banget! .. hehe.  
Saya disuruh masuk keruangan untuk memverifikasi berkas, lalu menjalani beberapa tes yakni:

1) Tes fisik, Kita disuruh buka pakaian hanya memakai celana saja untuk di lihat apakah anda bertato atau tidak (Kecuali wanita)

  • Cek tinggi badan
Program Keahlian
Tinggi badan Perempuan (min)
Tinggi badan Laki-laki (min)
1.
Teknik Pemesinan
150 cm
155 cm
2.
Teknik Pengelasan
150 cm
155 cm
3.
Teknik Gambar Bangunan
145 cm
150 cm
4.
Teknik Kendaraan Ringan
150 cm
155 cm
5.
Teknik Sepeda Motor
150 cm
155 cm
6.
Teknik Pemanfaatan Instalasi Listik
150 cm
155 cm
7.
Teknik Eletronika Industri
150 cm
155 cm
8.
Teknik Komputer Jaringan
140 cm
145 cm
9.
Rekayasa perangkat Lunak
140 cm
145 cm



  •  Berjalan lurus



2) Buta warna




3) Wawancara

 tinggal nungguin hasil tes dan alhamdulillah saya masuk dan diterima,

 Saya disuruh untuk daftar ulang dan setelah itu mengikuti MOPDB dan PMT
dan hingga akhirnya resmi jadi anak SMKN 1 KARAWANG(Neskar)


11 komentar:

  1. Kang gimana tes buta warnanya?

    BalasHapus
  2. @kahuruan rusmana
    tes buta warna yaitu dengan menebak angka berapa yang ada di dalam warna tersebut.

    trimakasih telah berkunjung :-)

    BalasHapus
  3. kang sy ingin tahu jurusan di neskar

    BalasHapus
  4. kang sy ingin tahu jurusan di neskar

    BalasHapus
  5. Ada 10 gan:

    1.Teknik Gambar Bangunan (TGB)
    2.Teknik Pemesinan (TP)
    3.Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL)
    4.Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
    5.Teknik Sepeda Motor (TSM)
    6.Teknik Pengelasan (TPL)
    7.Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
    8.Teknik Elektronik Industri (TEI)
    9.Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
    10.Teknik Gambar Manufactur (TGM)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada tes tambahan gk kang kalau jurusan yang di pilih

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  7. Minimal nilai untuk masuknya berapa ya?

    BalasHapus
  8. Perempuan tes fisik gak ka?

    BalasHapus